RKAKL DIPA Online 2019 Kini Jadi SatuDJA Kemenkeu

cara.jumanto.com - Beberapa produk dari DJA atau Direktorat Jenderal Anggaran di antaranya ada Aplikasi RKAKL, Monev DJA berupa aplikasi SMART, serta aplikasi RKAKL DIPA Online yang kini sudah diupdate menjadi Aplikasi SATU DJA Kemenkeu Kementerian Keuangan. Produk-produk DJA banyak yang diakses secara online.

Para pengelola keuangan APBN tentu gak asing lagi dengan yang namanya Aplikasi RKAKL DIPA Online yang selama ini sudah menemani kita dalam memonitor revisi anggaran apakah sudah keluar atau belum, mendownload ADK Revisi atau pagu anggaran 2019 dan tahun-tahun sebelumnya.

Kemunculan Aplikasi RKAKL DIPA Online sendiri cukup membantu satker dalam pelaksanaan penganggaran.

Satker jadi makin mudah untuk memonitor perkembangan revisi anggaran, selain notifikasi revisi juga sudah masuk ke email yang terdaftar saat kita masukkan ke aplikasi RKAKL.

Begitu Revisi DIPA sudah keluar, akan termonitor di Aplikasi RKAKL DIPA Online.

Pagu awal beserta ADK dan Cetakan DIPA dapat kita download dengan mudah di RKAKL Online, semua terarsipkan dengan rapi.

aplikasi rkakl online
tampilan gambar aplikasi rkakl online

Kesimpulannya, kemunculan RKAKL Online 2018 dan tahun sebelumnya sangat membantu petugas satker yang sehari-harinya terkait dengan penganggaran.

Aplikasi RKAKL DIPA Online kini dialihkan ke Satu DJA Kemenkeu


Saat saya coba menggunakan RKAKL DIPA Online versi lama, saya masih bisa login. Tapi dengan cara masuk ke halaman login, bukan ke homepage.

Saat masuk ke homepage, secara default akan muncul peringatan "Sehubungan dengan Update Aplikasi maka halaman rkakldipa.kemenkeu.go.id berubah menjadi satudja.kemenkeu.go.id. Silahkan klik link ini untuk akses aplikasi, user dan password sama dengan yang digunakan pada aplikasi RKAKLDIPA Online".

Kemunculan Satu DJA sendiri yang berbasis online bakalan menggantikan aplikasi RKAKL DIPA online yang saat ini kita pakai.

Menu dari Satu DJA lebih lengkap, di dalamnya ada informasi download Update Aplikasi RKAKL 2019 terbaru.

rkakl dipa online berubah menjadi satudja
Tampilan Satu DJA Kemenkeu

Aplikasi dari Kementerian Keuangan sendiri cukup banyak, ada yang dari Ditjen Anggaran ada juga yang dari Ditjen Perbendaharaan.

Aplikasi yang dihasilkan sejatinya bakalan menjadi satu, yaitu berupa SAKTI, yang nantinya gabungan juga dari aplikasi punya Ditjen Kekayaan Negara.

Menu lengkap dari Satu DJA terdiri atas:


  • Referensi.
  • Standar Biaya.
  • Dowload Aplikasi.
  • Quick Report.
  • Arsip Pengumuman.
  • Forum Diskusi.
  • Statistik Kunjungan.

Untuk kita yang mau menyusun RKAKL 2019, atau Revisi RKA DIPA 2019, dapat membuka Satu DJA dan menemukan Update Aplikasi RKAKL 2019 terbaru di situ, beserta informasi standar biaya masukannya.

Itu saja coretan catatan singkat mengenai RKAKL DIPA Online Kini Jadi SatuDJA Kemenkeu. Kunjungi juga: Download Aplikasi SAS 2018 Terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel