Cara Mengatasi Aplikasi RKAKL 2019 Tidak Bisa Dibuka

cara.jumanto.com – Bagaimana cara mengatasi Aplikasi RKAKL 2019 Tidak Bisa Dibuka, setelah selesai diinstall, eh muncul notifikasi”cannot locate the microsoft visual foxpro Support Library”? Aplikasi RKAKL sendiri merupakan aplikasi yang digunakan untuk menyusun dokumen penganggaran bagi satuan kerja pengelola dana APBN.

Aplikasi RKAKL 2019 digunakan untuk menyusun penganggaran kementerian/lembaga untuk tahun anggaran 2019 yang nantinya akan digabungkan datanya oleh Direktorat Jenderal Anggaran Kementeiran Keuangan.

Untuk menyusun Anggaran 2019, selain memerlukan Aplikasi RKAKL 2019, anda juga memerlukan Standar Biaya Masukan atau SBM 2019, Standar Biaya Keluaran atau SBK 2019, serta berbagai informasi lain yang terkait sebagai data dukung penyusunan RKA tahun 2019.

Terkait dengan Aplikasi RKAKL 2019 dan Aplikasi RKAKL 2018, 2017, serta tahun-tahun sebelumnya, biasanya pada saat instalasi aplikasi, akan mengalami masalah aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka dengan notifikasi dengan tulisan seperti pada gambar berikut ini:

cara mengatasi rkakl tidak bisa dibuka
cara mengatasi rkakl tidak bisa dibuka

Muncul permasalahan Cannot locate the Microsoft Visual Foxpro support library saat membuka Aplikasi RKAKL 2019 yang sudah diinstall.

Permasalahan ini juga saya alami saat saya menginstall aplikasi RKAKL 2017 dan 2018 sebelumnya, muncul permasalahan aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka dengan peringatan seperti ini.

Setelah coba-coba akhirnya saya dapatkan juga solusi cara mengatasi aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka setelah mencoba cara instal aplikasi RKAKL 2019 dengan benar.

Tutorial Panduan Cara Mengatasi Aplikasi RKAKL 2019 Tidak Bisa Dibuka Ternyata Mudah Banget

Permasalahan aplikasi RKAKL 2018 dan 2018 tidak bisa dibuka yang masih dijumpai pada aplikasi RKAKL 2019 ini jika anda jumpai juga di laptop atau komputer anda, tidak perlu panik, karena cara menyelesaikan masalahnya ternyata cukup mudah.

Cara menyelesaikan permasalahan aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka ini sudah saya coba di berbagai komputer dan di berbagai tahun, dan hasilnya selalu mulus berhasil tanpa kendala apa pun.

Setelah permasalahan aplikasi RKAKL 2019 tidak bisa dibuka selesai, saya pun bisa menginput data RKA pada Aplikasi RKAKL 2019 untuk menyusun anggaran tahun 2019.

Panduan cara mengatasi aplikasi RKAKL 2019 yang tidak bisa dibuka ini saya buat dengan asumsi anda sudah tahu cara instal aplikasi RKAKL 2019 yang mudah banget, tidak seperti menginstall aplikasi perbendaharaan lainnya.

Silakan Download Aplikasi RKAKL 2019 di website resmi DJA.

Nah, tanpa panjang lebar, berikut ini cara menyelesaikan permasalahan aplikasi RKAKL 2019 tidak bisa dibuka yang saya coba dan berhasil:

  1. Buka Windows Explorer, masuk ke folder C > RKAKLDIPA18
  2. Urutkan nama file berdasarkan abjad dari paling belakang, sehingga susunan file akan berurutan dari nama yang dimulai dari huruf V, U, R, dan seterusnya sampai D.
  3. Setelah itu, copy 3 buah file yang saya blok seperti pada gambar berikut ini:
    menyelesaikan masalah aplikasi rkakl tidak bisa dibuka
  4. Buka Windows Explorer dan masuk ke C > RKAKLDIPA19.
  5. Copykan 3 buah file di atas ke folder RKAKLDIPA19 ini sehingga 3 buah file tersebut kini ada juga di folder RKAKLDIPA19.
  6. Silakan buka rkakldipa.exe dan masuk menggunakan username: rkakl dan password: rkakl, selamat, aplikasi RKAKL anda kini sudah bisa dibuka.

Gimana, cukup mudah bukan mengatasi masalah aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka?

Mudah-mudahan tutorial aplikasi RKAKL 2019 ini bisa berguna buat anda yang baru pertama kali memegang aplikasi RKAKL.

Kesimpulan

Jika saya simpulkan, mengapa RKAKL 2019 tidak bisa dibuka? Permasalahannya karena di folder RKAKLDIPA19 yang terbentuk selesai install aplikasi RKAKL 2019, ternyata di dalamnya belum ada file:

  • vfp9t.dll
  • VFP9RENU.DLL
  • vfp9r.dll

Setelah ketiga file ini kita copy, yang diambil dari aplikasi RKAKL 2018 atau 2017, maka permasalahan aplikasi RKAKL tidak bisa dibuka karena muncul tulisan “cannot locate the microsoft visual foxpro support library” sudah bisa diatasi.

Jika ada permasalahan silakan tambahkan di kolom komentar, atau jika tidak memiliki 3 file di atas, silakan masukkan nama email anda di kolom komentar, nanti akan saya kirimkan filenya lewat email anda.

Nah, demikian saya tutorial panduan Cara Mengatasi Aplikasi RKAKL 2019 Tidak Bisa Dibuka mudah-mudahan bermanfaat. Jangan lupa terus update aplikasi RKAKL setelah ini ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *