Cara Pesan Tiket Kereta Api Untuk Anak 4 Tahun (Di Bawah 17 Tahun)

Pesan Tiket Kereta Api Anak 4 Tahun – Dari Alya kecil umur di bawah 3 tahun, hingga di atas 3 tahun, dan sekarang 6 tahun mau 7 tahun, saya sering mengajak Alya mudik ke Purbalingga naik kereta api. Jadi saya sudah punya pengalaman cara pesan tiket kereta api untuk anak 4 tahun, atau umur 3 tahun dan di bawah serta di atasnya. Secara umum, pesan tiket kereta api untuk anak dibawah 17 tahun tidak memerlukan KTP, karena anak belum punya KTP.

Tiket kereta api untuk anak umur 3 tahun atau di bawah 3 tahun sendiri merupakan tiket infant, dimana pemberlakuannya sama dengan tiket kereta api untuk bayi. Berbeda dengan tiket kereta api anak diatas 3 tahun, misalkan 4 tahun, atau lebih dari 4 tahun, maka dihitung harganya seperti orang dewasa.

Oleh karena itu jika kalian membawa bayi 2 bulan naik kereta api, jangan lupa beli tiket infant kereta api untuk bayi kalian yang harga tiketnya biasanya sebesar 10% dari harga tiket orang dewasa, tapi tidak dapat tempat duduk sendiri.

Misalkan harga tiket kereta api Jakarta Jogja kelas ekonomi untuk dewasa adalah 110.000, maka harga tiket kereta infant untuk bayi kalian adalah 11.000 rupiah, dan tempat duduknya ikut orang tuanya.

Ketentuan tiket kereta api untuk anak ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Namun, yang jelas, jika kita mau pesan tiket kereta api untuk anak 4 tahun atau lebih, maka harus membayar harga tiket full sebesar tarif tiket orang dewasa.

Ketentuan pemesanan tiket kereta api lainnya adalah, jumlah maksimal pembelian tiket kereta api per transaksi secara online, biasanya dibatasi hanya 4 orang sekali pesan.

Jadi jika ingin pesan tiket kereta lebih dari 4 orang, tentu tidak bisa digabung dalam satu pesanan, harus terpisah.

Ketentuan jumlah maksimal 4 orang saat membeli tiket kereta api tentu saja masih bisa berubah juga tergantung peraturan dari PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Pesan Tiket Kereta Api Untuk Anak Bisa Langsung Di Stasiun Atau Secara Online

Pemesanan tiket kereta api secara online merupakan pilihan paling mudah dan paling praktis saat ini, apalagi kalau beli tiket kereta api lebaran.

Kita tidak perlu antri panjang lebar di Stasiun Pasar Senen misalnya, atau di Stasiun Gambir dan Stasiun Jatinegara.

Apalagi kalau mau beli tiket mudik lebaran, capek banget dong tentunya kalau harus antri di stasiun.

Oleh karena itu, saran saya sih, mending beli tiket kereta api secara online saja baik di Indomaret, Alfamart, atau lewat situs aplikasi pemesanan tiket kereta api terpercaya dan banyak promo diskon.

Kalian bisa booking tiket kereta api di Traveloka, Tiket.com, Shopee, Blibli, JD.ID, dan tentu saja aplikasi KAI Access, resmi punya PT KAI.

Cara pembayaran tiket kereta api KAI access dari pengalaman saya mudah banget, lewat transfer internet banking Mandiri (Mandiri Online). Ada petunjuk pembayarannya kok setelah kita pesan.

Selain membeli tiket kereta online, pesan tiket kereta juga bisa langsung di stasiun

Siapkan saja syarat beli tiket kereta api di stasiun, seperti KTP, atau KK dan dokumen pengganti lainnya seperti SIM, lalu jangan lupa bawa uang tunai untuk membayar tiket kereta api.

Beli tiket kereta api tanpa KTP bisa saja, asal punya kartu identitas lain, seperti SIM atau kartu lain seperti passpor.

Setelah dapat tiket kereta api, jangan lupa naik kereta di stasiun keberangkatan. Kita tidak bisa naik kereta jika tidak sesuai stasiun keberangkatan.

Misal kita beli tiket, stasiun keberangkatan di Stasiun Jatinegara, tapi naik lewat stasiun Pasar Senen.

Jika kalian mengalami kendala, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi call center kereta api Indonesia (KAI).

Cara Pesan Tiket Kereta Api Untuk Anak 4 Tahun (Di Bawah 17 Tahun)
Beli Tiket Kereta Api Untuk Anak

 

Panduan Cara Beli Tiket Kereta Api Untuk Anak 4 Tahun Atau Di Bawah 17 Tahun

Pesan tiket kereta api sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pesan tiket pesawat. Hanya saja, kalau tiket pesawat, tidak ada pemilihan kursi saat booking tiket, adanya pas check in online.

Saat memesan tiket kereta api dan tiket pesawat, kita diharuskan mengisi data-data penting mulai dari Nama, NIK, atau Nomor Kartu Identitas lainnya, Nomor Telepon atau Nomor HP, email, alamat, dan sebagainya.

Nah, untuk membeli tiket kereta api buat anak 4 tahun, caranya pun gak jauh beda dengan beli tiket kereta api orang dewasa.

Isi nama yang benar sesuai kartu identitas, misalkan akta kelahiran atau KK, setelah itu pas bagian pengisian NIK, isi saja tanggal, bulan, dan tahun lahir.

Sedangkan bagi anak yang sudah punya Kartu Identitas Anak atau KIA, bisa diisi dengan menggunakan Nomor KIA tadi saat memesan tiket.

Dari pengalaman saya, saat naik kereta api bersama anak kecil, sampai Alya umur 6 tahun, anak tidak diminta kartu identitasnya.

Jadi saya tidak membawa akta kelahiran atau KK, tetapi cukup boarding pass pakai KTP kedua orang tua.

Nama yang tertera di tiket harus sama persis dengan nama yang tertuang di KTP atau kartu identitas pengganti KTP.

Apakah tiket kereta bisa diganti orang lain? Tidak bisa, karena nama di tiket harus sama dengan kartu identitas yang ditunjukkan saat boarding masuk ke stasiun/ruang tunggu penumpang.

Oleh karena itu, saat membeli tiket, kita jangan beli tiket kereta api pakai KTP orang lain. Kalau kita yang mau berangkat ya pakai EKTP kita.

Baik beli tiket kereta api di indomaret, atau pesan tiket kereta api traveloka, atau pesan tiket kereta api di stasiun senen, gunakan EKTP sendiri.

Jika tidak ada KTP pakai saja SIM. Kartu identitas juga mungkin diperlukan untuk pembatalan tiket kereta api.

Adapun langkah-langkah pesan tiket kereta api lewat HP untuk anak 4 tahun kurang lebih sebagai berikut:

  1. Pilih situs atau aplikasi pemesanan tiket kereta api online seperti KAI Access, Traveloka, Tiket, JD.ID, Pegipegi, Shopee, Blibli, Elevenia, dan sebagainya.
  2. Registrasi di aplikasi atau situs tersebut.
  3. Pilih menu Tiket Kereta Api.
  4. Isi tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, berapa tiket dewasa dan tiket anak, lalu klik search.
  5. Akan muncul nama kereta api beserta jadwalnya. Pilih yang sesuai.
  6. Isikan data penumpang secara lengkap.
  7. Pilih kursi.
  8. Konfirmasi pesanan, jika sudah sesuai pilih metode pembayaran.
  9. Keluar kode bayar.
  10. Bayar menggunakan metode pembayaran yang dipilih.
  11. Konfirmasi pembayaran.
  12. Etiket diterbitkan.
  13. Cetak boarding pass tiket kereta api di stasiun keberangkatan.
  14. Bawa boarding pas plus KTP untuk masuk ke stasiun.
  15. Masuk ke kereta api dan kereta berangkat.

Cukup mudah dan praktis cara pesan tiket kereta api lewat hp, apalagi kalau bayar pakai internet banking, semisal internet banking BCA.

Nah, kurang lebih itulah Cara Pesan Tiket Kereta Api Untuk Anak 4 Tahun atau Usia Di Bawah 17 Tahun. Baca juga: Arti Boarding Time pada Tiket Kereta Api.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *